In Memoriam : Walkman™

Bagi readers yang sempat merasakan gejolak muda di era 80an / 90an tentu sudah tidak asing lagi dengan kotak kecil ajaib ini. Dengan bentuknya yang kecil, Walkman™ begitu cepat populer pada masa itu, karena bersamanya kita bisa mendengarkan musik dimana saja tanpa harus meletakkan radio compo di atas pundak ala muda-mudi dalam video clip michael jackson era tahun 80-an.

Walkman dirilis pada tahun 1979 dengan nama Walkman™ di Jepang, dan biasa disebut juga Soundabout di negara seperti Amerika Serikat, Freestyle di Swedia dan Stowaway di Inggris. Pada mulanya Walkman™ dibuat pada tahun 1978 oleh seorang teknisi sound Nobutoshi Kihara untuk mantan ketua Sony Akio Morita, yang ingin mendengarkan musik ketika perjalanan dengan pesawat terbang. Awalnya Morita tidak menyukai nama "Walkman" dalam penamaan produknya dan meminta untuk mengantinya, namun pegawai pelaksana yuniornya telah memulai penjualannya dengan nama Walkman, dan akhirnya perubahan nama itu dibatalkan.



Kabar yang cukup mengejutkan saat ini adalah ketika perusahaan raksasa elektronik Sony menyatakan tidak akan lagi menjual alat pemutar musik portable yang sempat menjadi terobosan ini di Jepang. "Cara konsumen kami mendengarkan musik telah banyak berpindah ke audio digital," kata juru bicara Sony Hiroko Nakamura kepada kantor berita AFP. "Kami memutuskan untuk mengakhiri penjualan Walkman karena permintaan akan pemutar kaset Walkman telah berkurang," tambahnya.

Menurut data terakhir yang dilansir Sony, stok terakhir diproduksi di Jepang pada April 2010 dan kini tinggal menunggu persediaan habis. Meski demikian, pemutar kaset Walkman™ masih akan tetap diproduksi rekanan Sony di China untuk memenuhi permintaan konsumen yang setia menggunakan kaset dan Walkman. Ironisnya, pengumuman penghentian produksi Walkman dilakukan sehari menjelang ulang tahun iPod, pemutar musik digital buatan Apple. iPod yang mulai diperkenalkan pada 23 Oktober 2001 merupakan tonggak bangkitnya musik digital dan menjadi salah satu kekuatan besar yang menggusur Walkman.

Selama tiga dekade terakhir, 220 juta Walkman™ telah terjual di seluruh dunia. Meski tak ada lagi pemutar kaset Walkman™, Sony tetap memproduksi pemutar CD/mini disc dan MP3 dengan merek Walkman™. Sony juga menggunakan nama Walkman™ untuk mendukung fitur musik pada Sony Ericsson.

Biarlah Walkman™ menjadi kenangan, inilah konsekuensi perkembangan teknologi yang merajam para perintis dalam bidangnya sendiri. dan biarkan kita kembali menjelma kedalam kehidupan urban yang menjenuhkan dengan pemutar musik yang populer saat ini.

[PC/rhwz]

Source

In Memoriam : Walkman™ | ErhaWebzine | Find Us on Facebook


Oh C'mon! feel free to share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit