Hey! Papercraft itu bukan Origami!!

papercraft? Ya, pertama kali saya menemukan ini di internet beberapa waktu yang lalu. Sempat menarik perhatian saya, karena hasilnya yang unik-unik dan medianya yang mudah didapatkan. Ya, kertas!
Lho? Kertas? Lantas apa bedanya dengan origami? Oh ternyata beda kawan. Papercraft dan origami memiliki perbedaan pada pengerjaannya. Papercraft dalam proses pengerjaannya punya tahap seperti “gunting kertasnya”, “lem kertasnya”, “tempel bagian tersebut dengan lem”, dan lain lain. Sementara origami hanya melibatkan “lipat kertasnya”

[image]

Tahapan “gunting kertasnya”, “lem bagian itu”, dan “tempel bagian itu” udah bisa diliat kalo peralatan yang dibutuhin cukup alat pemotong kayak gunting, cutter, dan lem.

Pertama kali saya mengetahui kerajinan tangan seperti ini lewat internet, namun baru melihatnya secara langsung di salah satu booth di urbanfest 2010. Entah apa nama boothnya saya lupa karena perhatian saya terpusat pada karya karya papercraft yang ditampilkan. Mulai dari yang berbentuk robot gundam, mobil, pesawat, bahkan ada yang menyerupai efek gitar. Lalu saya diperlihatkan catalog beberapa papercraft yang tersedia untuk di print di booth tersebut. Membuat saya berdecak kagum seolah tidak percaya kalau itu semua terbuat dari kertas. Si penjaga booth itu pun kemudian menerangkan cara pembuatannya. Seketika itu saya langsung berpikir “nanti gue cari di google beginian”

Rasa penasaran saya makin besar tatkala sampai di rumah. Saya langsung membuka laptop saya, menghubungkan ke jaringan internet, membuka google, dan voila! Saya menemukan beberapa rancangan untuk membuat berbagai bentuk.

[image]

Terlintas di benak saya “gimana ya papercraft ini awal awalnya?”. Dan saya mengurungkan niat saya untuk langsung membuat satu papercraft. Niat itu saya ganti dari “bagaimana membuat satu papercraft” menjadi “apa sih papercraft itu? Gimana sejarahnya?”. Sekali lagi terimakasih kepada google, saya menemukan halaman Wikipedia yang menjelaskan tentang papercraft. Kalo kata Wikipedia ya, papercraft itu awalnya dari model model kartu cetak yang cukup umum di majalah pada abad 20. Waktu itu jamannya perang dunia dan kertas itu salah satu barang yang penggunaan dan produksinya gak terlalu ketat aturannya. Kemudian, bisa kita bilang “berevolusi” ke Micromodels yang di desain di inggris pada tahun 1941. Micromodels ini popular banget sama model model papercraftnya. Mulai dari arsitektur, kapal, pesawat, dan lain lain. Tapi lambat laun seiring perkembangan jaman, model-kit dari plastik jadi lebih diminati daripada model-kit yang dari kertas. Mungkin karena bahan dari plastic itu kokoh dan tinggal pasang kali ya? Beda dengan model-kit dari kertas yang harus gunting sana, gunting sini, lem, lipet, dan segala macemnya.

[image]


Nah kalo sekarang sih kita gak perlu cari di majalah. Lagipula majalah juga gak nyediain hahaha. Kembali ke niatan awal dengan membuat satu model papercraft. Rancangan-rancangan bertebaran di internet sejagat ini. Cukup dengan ketik keyword di google “papercraft design” dan lo bisa dapet banyak rancangan rancangan dengan berbagai tipe. Selamat mencoba.

Oh iya ini beberapa video yang saya temukan di youtube. Mungkin para readers bisa melihat sekilas dari indahnya papercraft./chen






[ch/fs/rhwz]

Hey! Papercraft itu bukan Origami!! | ErhaWebzine | Find Us on Facebook


Oh C'mon! feel free to share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit